Sabtu, 17 Oktober 2015

MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN VGA CARD

BAB 1
PENDAHULUAN

 1.1 Latar Belakang masalah.
pada zaman ini perkembangan teknologi di dunia  sangatlah berkembang dengan pesat dan cepat contoh seperti grafik game computer dahulu masih sangatlah jadul. grafik gamenya saja masih berupa game 2D (2 dimensi) pada zaman sekarang atau pada saat ini computer sudah mengunakan grafik yang lebih baik yaitu grafik 3D( 3 dimensi), sudah tidak seperti pada zaman dahulu yang masih mengunakan grafik 2D. pada zaman sekarang  sudah jarang masyarakat di dunia mengunakan computer jadul yang grafiknya masih 2D bahkan mungkin sudah tidak ada masyarakat di dunia ini mengunakan computer yang masih jadul karena grafiknya tidak seperti grafik 3d yang sudah lebih berkembang dan juga lebih baik dari pada grafik yang lama . akan tetapi sejarah tetaplah sejarah maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membuat makalah tentang sejarah perkembangan dari bagian terpenting dari computer untuk masalah grafik atau pada saat ini kita biasa menyebutnya sebagai VGA card atau kartu grafik.

1.2 Tujuan dan Manfaat.
-      Tujuan dari membuat makalah ini adalah :
1.   Membantu  Mahasiswa dapat mengetahui apa itu VGA card
2.   Membantu mahasiswa untuk dapat mengetahui perkembangan VGA card dulu sampai VGA card sekarang

-      Manfaat dari membuat makalah ini adalah
1.   Mahasiswa dapat mengetahui apa itu VGA card
2.   Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan VGA card dulu sampai VGA card sekarang


JUDUL MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN VGA CARD

PENGERTIAN VGA CARD
VGA ( Video Graphics Array ) atau sering disebut Kartu Grafis adalah bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam kompuer yang bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan. Berfungsi untuk mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

-      SEJARAH PERKEMBANGAN


  •     IBM PC Video Card
VGA Card pertama kali dibuat tahun 1981 oleh IBM dengan nama IBM PC video card. Pada saat itu istilahnya adalah MDA (Monochrome Display Adapter) dan hanya bisa beroperasi untuk text mode dengan ukuran 80 kolom 25 baris (80×25). Mempunyai video memory sebesar 4KB dan hanya mensupport 1 warna saja.
·          

  • S3 ViRGE    


Kepanjangan dari “ViRGE adalah Virtual Reality Graphics Engine”, vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik. S3 ViRGE memiliki spec. 64-bit menawarkan 4 MB memory onboard, core dan memory clockspeeds up to 66 MHz, dan juga telah mendukung fitur-fitur seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering, MIP mapping, Alpha blending, Z-buffering, dan 3D tekstur lainnya.
·         



- ATI RAGE 3D    & RAGE II 
   
  • ATI RAGE II
 memiliki spec. 32-bit memory bus, dan memorynya hanya 2 MB. Karena kelemahan yang ada pada ATI RAGE 3D maka dibuatlah lagu seri ke-2nya yang diberi nama RAGE II yang memiliki spec. 8 MB SDRAM, 64-bit memory bus, memory clockspeeds up to 60 MHz, serta mendukung kemampuan untuk memutar DVD Playback.



     ·    NVIDIA NV3    

VGA ini adalah buatan pertama dari Nvidia, vga ini juga dibuat dengan desain teknologi Microsoft’s DirectX 5 API. NVIDIA NV3 memiliki spec. 4 MB memory, 100 MHz core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC dan mendukung AGP 2x.

  •  NVIDIA NV4    

VGA ini merupaka penerus dari NVIDIA NV3, namun NVIDIA NV4 tidak ada penambahan yamh signifikan dalam spec. seperti memory maksimum ditambah menjadi 16 MB dan mempunyai clockspeeds pada 110 MHz, tetapi Nvidia manambahkan beberapa kemampuan pada NVIDIA NV4 seperti teknologi “second pixel pipeline”, 32-bit true colors, dan fitur Trilinear filtering.

  • NVIDIA GEFORCE 256    


VGA Nvidia ini memiliki kecepatan performa 2 kali lebih cepat daripada seri-seri sebelumnya, vga ini memiliki spec. DirectX 7, 4-pixel Rendering pipeline dan sebuah fitur bernama “cube environment mapping” yaitu yang gunanyauntuk menciptakan efek real time reflectio

      ·    NVIDIA GEFORCE SERIES 2     

Ini merupakan vga Nvidia pertama yang menghadirkan fitur baru, yaitu pixel shader dengan sebutan “Nvidia Shading Rasterizer (NZR)”.


  • ATI RADEON R520   

 VGA ini menghadirkan spec. memory yang lebih efisien, kualitas image yang lebih baik dan performa yang optimal. Selain itu vga ini memiliki fitur seperti kemampuan High Dynamic Range (HDR) lighting.


  • NVIDIA GEFORCE 9 SERIES    

VGA ini merupakan keluaran dari Nvidia yang paling populer dikalangan masyarakat, karena termasuk vga “High End” dan yang paling terkenal yaitu NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang memiliki 128 stream processor, dan 256-bit memory bus.

  • NVIDIA GEFORCE 200 SERIES

VGA ini memiliki chipset keluaran terbaru dari Nvidia berhasil memaukkan 1.4 billion transistor ke dalam GPU. VGA ini juga merupakan seri Nvidia yang paling terkencang dan kemampuan yang powerful

Kesimpulan
Dalam makalah yang saya buat kali ini saya dapat menyimpulkan bahwah Perkembangan VGA card atau kartu grafis sangatlah cepat dan semakin hari perkembangan tersebut akan semakin canggi terlihat dari penemuan pertama vga card yang masih mengunakan kualitas gambar yang masih minim seperti grafik yang masih 2D sampai VGA card yang kualitas gambarnya sudah bagus yang sudah sampai 3D VGA card yang telah memiliki grafis 3D masih dikembangkan lagi sampai yang paling canggi dan memiliki kedetailan gambar yang lebih bagus lagi . dari semua yang ada saya mempunyai 1 Kesimpulan bahwah manusia itu tidaklah memiliki rasa puas atas apa yang telah mereka miliki dan saya yakin kedepan grafik dalam computer akan terus dikembangkan lebih canggih lagi .






DAFTAR PUSTAKA

 

·        Winda,dkk.(2012, Nov.) 2nd. VGA Card dan Sejarah Perkembangannya 

[online].available : http://bersama05.blogspot.co.id/2012/09/vga-card-dan-sejarah-perkembangannya.html


·        Ghostmech007.(2015,Jan.) A History of PC Gaming (1980 - 1995) [online]. Available : http://imgur.com/gallery/sw71g


·        Solusikompi.(2014.Agust) Pengertian dan Fungsi VGA Card [online] available : http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-dan-fungsi-vga-card.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar